Hubungan

Parentnial TV

Recommended

Kehamilan

Powered by Blogger.

Lagu Pengantar Tidur Bantu Bangun Kedekatan Orangtua dan Anak

Sunday, May 20, 2018

KETIKA Anda menyanyikan lagu pengantar tidur untuk bayi Anda, sejatinya Anda sedang menyampaikan cinta dan bahasa dan impian masa depan - dan juga, tentu saja, Anda mencoba untuk membantu bayi Anda untuk lebih cepat tertidur.

Dan tahukah Anda, bernyanyi membantu menenangkan bayi dan orang tua, kata para ahli, dan menciptakan ritual tidur untuk menandai transisi dari kegiatan sehari-hari.

Sebuah lembaga pemerhati masalah ini bernama Carnegie Hall’s Weill Music Institute menciptakan proyek pengantar tidur untuk membantu ibu-ibu menjalin ikatan dengan bayi mereka.

Ilustrasi menidurkan bayi/ Unplash

Tiffany Ortiz, manajer proyek tersebut, mengatakan itu dimulai pada 2011 dengan seorang pilot di Pusat Medis Jacobi di Bronx, di mana anggota staf memperhatikan bahwa beberapa orang tua remaja mengalami kesulitan melekat pada anak-anak mereka.

Proyek ini telah berkembang di seluruh New York City, dengan seniman yang bekerja dengan orang tua di berbagai situs, termasuk sekolah menengah, rumah sakit, klinik, tempat penampungan dan penjara Pulau Rikers, dan sekarang sedang direplikasi secara nasional dan internasional.

Para seniman musik ini bekerja dengan orangtua, yang menyusun surat yang mengutarakan harapan dan impian mereka untuk anak itu, kata Ortiz, dan liriknya muncul dari pesan-pesan itu.

"Lalu ada diskusi tentang sisi musikal itu, bagaimana mereka ingin kedengarannya," katanya. "Biasanya, orang tua akan mulai bersenandung." Setelah lagu pengantar tidur dibuat, itu direkam untuk orang tua untuk menjaga, untuk merujuk, untuk bernyanyi lagi dan lagi.

“Saya terkejut dengan betapa kaya dan rumitnya pengasuhan anak, dan seberapa banyak pembuatan musik dalam pengasuhan anak adalah seperti itu juga,” kata Emily Eagen, seorang musisi dan penulis lagu yang telah menjadi seniman pengajar di program ini sejak 2011.

Ketika proyek dimulai, Ms. Eagen hamil. Dia sekarang mendapatkan gelar doktornya, dan melakukan penelitian tentang pengantar tidur dari seluruh dunia, dia mencatat bahwa lagu pengantar tidur dapat mencerminkan banyak kompleksitas mengurus anak-anak.

Anita Collins, seorang pendidik musik University of Melbourne, Australia, yang meneliti perkembangan otak dan musik, mengatakan bahwa bayi dilahirkan dengan penglihatan yang relatif belum berkembang tetapi, dalam banyak keadaan, dengan pendengaran sempurna.

Proses pendengaran atau indera pendengaran bayi, kata Collins, sebenarnya paling penting dimiliki selama dua tahun pertama kehidupan mereka.

"Perasaan yang mengumpulkan informasi paling banyak tentang dunia mereka," kata Dr. Collins yang juga penulis buku yang akan datang "The Lullaby Effect" seperti kami kutip dari The New York Times. 

Selanjutnya, ia mengatakan tidak ada lagu pengantar tidur yang sempurna. Yang terpenting adalah momen kedekatan seperti memegang anak, menatap wajah, mengayunkannya dalam gendongan, sehingga anak merasakan ritme dan gerakan.

Para peneliti telah melihat cara-cara bayi menanggapi nyanyian ibunya. Namun dalam penelitian dibuktikan bayi lebih cepat tidur jika mereka dinyanyikan dibanding ditinggalkan di boks bayi.

"Ini tentang memiliki hubungan yang mereka rasakan ketika seseorang bernyanyi untuk mereka," katanya.

Bayi Tidur Lebih Cepat dengan Nyanyian

Para peneliti Carnegie Hall’s Weill Music Institute telah melihat cara-cara bayi menanggapi nyanyian ibu. Namun dalam penelitian yang membandingkan bayi yang dinyanyikan dan diajak berbicara atau ditinggalkan di boks bayi tanpa nyanyian, katanya, ditemukan fakta bahwa bayi-bayi itu tidur lebih cepat jika mereka dinyanyikan.

Lagu pengantar tidur tidak saja sangat penting bagi bayi yang mendengarnya, tetapi juga bagi orang tua yang menyanyikannya.

Hal itu sebagaimana dikemukakan Dr. Dennie Palmer Wolf, peneliti utama proyek tersebut, yang merangkum ringkasan penelitian tentang pentingnya membuat musik dan lagu pengantar tidur dan kesehatan.

“Sebagian besar ibu yang bekerja dengan kami di New York hidup di bawah kondisi yang sangat menegangkan,” seperti memiliki bayi yang sakit di NICU atau menjadi tunawisma. “Mengembalikan rasa sejahtera yang positif sangatlah penting; kecuali orang tua memilikinya, sulit untuk konsisten dan tersedia secara emosional untuk anak-anak mereka. ”

“Bagi banyak wanita, ini adalah pertama kalinya mereka menulis lagu atau bahkan puisi tertulis,” kata Eagen. "Ada banyak lagu pengantar tidur tentang membiarkan diri Anda melakukan pekerjaan mengasuh anak, menenangkan diri, ”katanya.

"Para ibu mendapatkan banyak hal karena bisa menyanyikan lagu untuk diri mereka sendiri dan juga untuk anak."

Dr. Palmer Wolf mengatakan lagu nina bobo memungkinkan bayi membuat jalur saraf untuk menenangkan diri, menenangkan, dan mem buatnya tertidur lebih dalam terutama penting pada bulan-bulan awal kehidupan ketika jalur otak sedang dibuat

"Sebuah lagu pengantar tidur adalah rutinitas eksternal yang menjadi jalur internal untuk menenangkan diri."

DEVINA SETIAWAN

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »