Hubungan

Parentnial TV

Recommended

Kehamilan

Powered by Blogger.

Berilah Nasehat pada Tempat yang Tepat kepada Anak

Tuesday, October 23, 2018

MUNGKIN kita pernah memberi nasehat pada anak, namun orangtua justru mendapat reaksi yang jauh dari apa yang sesungguhnya orang tua harapkan.

Memberi nasehat pada anak memang butuh kejelian untuk melihat momentum yang pas untuk melontarkannya.

Tidak jarang nasehat-nasehat yang kita harapkan bisa memperbaiki keadaan sang anak justru membuat segalanya makin runyam.


Dalam mahfuzat ada ungkapan yang masyhur kita dengar yaitu,

لكل مقام مقال ولكل مقال مقام
"Setiap tempat ada perkataannya dan setiap perkataan ada tempatnya".

Mencari momentum yang pas adalah sebuah keniscayaan yang perlu dibangun agar komunikasi antar ayah anak dapat terjalin dengan baik.

Dua tempat yang baik untuk menasehati anak yang di contohkan oleh Rasulullah setidaknya adalah pada dua keadaan.

Pertama, saat makan sebagaimana yang di tuturkan dan diceritakan oleh sahabat Umar bin Abi Salamah radhiallahu’anhuma:

: كُنْتُ غُلاَمًا فِي حِجْرِ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكَانَتْ يَدِي تَطِيشُ فِي الصَّحْفَةِ، فَقَال لِي رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ، وَكُل بِيَمِينِكَ، وَكُل مِمَّا يَلِيكَ
Sewaktu aku masih kecil, saat berada dalam asuhan Rasulullah Shallallahu‘alaihi wasallam, pernah suatu ketika tanganku ke sana ke mari (saat mengambil makanan) di nampan. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadaku: “wahai bocah, ucaplah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu, serta ambil makanan yang berada di dekatmu”. (HR. Bukhari no.5376, Muslim no.2022).

Keadaan yang kedua adalah saat berada di atas kendaraan. Sudah menjadi kodrat anak ketika di bonceng ia pasti akan merasa bahagia. Nah pada saat kondisi bahagiah itulah orangtua jeli mengambil momen untuk memberikan ia nasehat.

Rasullulah pernah melakukan hal tersebut saat ia di bonceng oleh sahabat kecilnya ia memberinya nasehat yang sangat agung.

عن ابن عباس قال : كنت خلفت رسول الله صلى الله عليه و سلم يوما فقال يا غلام إني أعلمك كلمات احفظ الله يحفظك احفظ الله تجده تجاهك إذا سألت فاسأل الله وإذا استعنت فاستعن بالله واعلم أن الأمة لو اجتمعت على أن ينفعوك بشيء لم ينفعوك إلا بشيء قد كتبه الله لك ولو اجتمعواعلى أن يضروك بشيء لم يضروك إلا بشيء قد كتبه الله عليك رفعت الأقلام وجفت الصحف

 قال هذا حديث حسن صحيح  قال الشيخ الألباني : صحيح

“Dari ibnu Abbas, ia mengatakan, “ aku pernah membonceng rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pada suatu hari. Maka beliau mengatakan, “ wahai anak, sungguh aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kata, “ jagalah Allah, niscaya Allah menjegamu. Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapati-Nya di hadapanmu. Jika engkau meminta, maka mintalah kepada Allah. Jika engkau meminta pertolongan, maka mintalah kepada Allah. Ketahuilah seandainya suatu ummat berkumpul untuk memberi suatu manfaat kepadamu, maka mereka tidak dapat memberi manfaat kecuali dengan sesuatu yang telah ditetapkan Allah untukmu. Sebaliknya, jika mereka berkumpul untuk member suatu kemudhorotan kepadamu, maka mereka tidak dapat member kemudhorotan kepadamu kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan atasmu. Pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering.” (HR. At Tirmidzi, dan ia berkata, hadits ini hasan shohih)

NASER MUHAMMAD

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »