Ingin Anak Sukses Segera Jauhkan dari Sifat Materialistik

MENGEMBAN tugas sebagai orangtua adalah pekerjaan yang paling menantang di dunia. Bertanggung jawab memelihara usia dan masa depan seorang manusia lain dan mendorong mereka agar berguna bagi manusia lain.

Terkadang begitu banyak hal yang dilakukan orangtua untuk memberi yang terbaik bagi anak. Namun, satu hal yang perlu diingat, bagaimana membangun mental yang kokoh untuk si buah hati saat besar nanti agar siap bersaing dengan masyarakat global saat besar nanti.

Dikutip dari Lifehack sebagaimana dilansir Okezone, Kamis (2/3/2017), berikut tiga hal mendasar untuk membangun mental super kokoh untuk si kecil.

Jauhkan sifat materialistik
Kita hidup dalam masyarakat yang materialistis penuh dengan gadget dan mainan super keren, tapi itu bukan berarti orangtua harus mengikuti keinginan anak.

Orangtua perlu melatih anak untuk menghargai persahabatan, waktu berkualitas, dan pengalaman hidup di atas objek.

Daripada membelikan anak mainan, lebih baik mengajak mereka bermain di taman. Ciptakanlah kenangan bukan benda untuk dikoleksi.

Pola asuh penuh tanggung jawab 
Jangan terlalu banyak membuat ‘terbang’ seperti di atas angin. Hentikan terlalu sering memaklumi anak.

Jika mereka salah kemudian dihukum guru karena tidak mengerjakan PR, jangan membela mereka. Beri anak ruang untuk merenungi kesalahannya, dan beri kesempatan dia bertanggung jawab.

Pujilah usaha keras, bukan hasil 
Terlalu sering orangtua fokus pada hasil akhir dan melupakan cobaan dan frustrasi yang dihadapi untuk sampai ke sana.

Mari puji anak-anak atas usaha keras mereka, bukan hanya hasil. Ingat, Thomas Edison mengalami lebih dari ribuan kali gagal sebelum ia berhasil. (okz/lfh)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel