Iklan

Inilah 6 Kiat Membuat Bayi Tidur Pulas dan Tenang

Admin
Kamis, Januari 21, 2021 | 10:23 WIB Last Updated 2021-01-21T03:28:10Z

Ilusrasi bayi tidur nyenyak dan dalam (Foto: Virvoreanu-Laurentiu/ Pixabay)

ADA
cara agar bayi tidak rewel atau terus terbangun dan menangis di malam hari. Rahasianya, buat bayi tidur pulas sepanjang malam dengan menyediakan lingkungan yang menyerupai rahim ibu.


Selama sembilan bulan, bayi ada di rahim dengan posisi meringkuk dalam lingkungan yang hangat dan berair. Untuk menciptakan kondisi serupa, berikut enam kiat yang diulas oleh laman desk parenting Indian Express, (22/12/2020).


1. Membedong

Selama kehamilan, bayi merasa terbungkus rapat di dalam rahim. Karena itu, membedong bayi dan membungkusnya dengan erat membantu bayi percaya bahwa dia ada di lingkungan terlindungi.


2. Atur posisi tidur

Menidurkan bayi dalam posisi telentang membuatnya merasa seolah-olah sedang jatuh. Lebih baik tidurkan dalam posisi tubuh miring agar membantu mereka tidur tanpa rasa khawatir akan jatuh.


3. Buat suara menenangkan

Bayi bisa rewel jika mendengar suara keras, apalagi di dalam rahim selalu tenang dan damai. Ibu atau ayah bisa membuatnya lebih nyaman dengan membuat suara desis yang menenangkan baginya.


4. Menimang

Ini adalah trik kuno. Saat bayi kesal dan menangis, dia suka ditimang dalam gerakan 'maju mundur' karena bisa membantunya rileks. Ini akan menenangkan bayi dan juga membuatnya mengantuk.


5. Mengisap jari

Tidak perlu selalu melarang dengan gestur jika bayi suka memasukkan jari ke dalam mulut. Kebiasaan itu sering dia lakukan dalam rahim karena membuatnya tenang dan memberikan perasaan aman.


6. Belaian refleks

Buat gerakan tubuh tertentu dan belaian refleks yang membuat bayi mengira masih di dalam rahim. Bisa juga membawa bayi naik mobil karena kebanyakan bayi menjadi tenang saat mobil sedang melaju.


Tips lain, jangan menyelimuti bayi dengan selimut longgar. Tetapkan pula rutinitas siang dan malam dengan mengajak mereka lebih aktif dan memberikan banyak stimulasi pada siang hari.


Saat malam tiba, usahakan lebih pasif sehingga bayi mengantuk. Memperkenalkan ritual sebelum tidur seperti menyanyikan lagu pengantar juga bermanfaat. Demikian juga mandi air hangat dan membuatnya kenyang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inilah 6 Kiat Membuat Bayi Tidur Pulas dan Tenang

Trending Now

Iklan