Iklan

Aila Care Dampingi Korban Pencabulan Anak Dibawah Umur

Admin
Sabtu, April 10, 2021 | 14:44 WIB Last Updated 2021-04-10T07:54:32Z


MAKASSAR - Aliansi Cinta Keluarga Indonesia  (AILA) melalui Aila Care melakukan pemdampingan anak dibawah umur korban pencabulan di Makassar, Sulawesi Selatan. 


Ketua Jaringan AILA Indonesia, Hj Dr Sabriati Aziz, M.Pd.I yang menemui korban atas nama Aila Care bersama dengan berbagai pihak melakukan pendampingan, menyatakan rasa keprihatinan yang mendalam atas kejadian yang menyesakkan dada tersebut. 


"Kita amat sedih dan prihatin. Aila Care memandang persoalan ini harus menjadi pelajaran agar kita dapat mengambil langkah yang lebih kofrehensif dalam mengatasi rudapaksa bahkan ini lagi lagi terjadi pada anak dibawah umur," kata Sabriati dalam keterangannya, Sabtu (10/4/2021). 


Sabriati menemui korban kemarin di kediamannya di Jalan Sultan Alaudin, Kota Makassar. Selain melakukan pendampingan, pihaknya pun berupaya menelusuri kasus pencabulan ini dan memberikan pendampingan agar psikis korban tidak semakin tertekan. 


Sabriati berharap, sementara masalah ini ditangani secara hukum, korban pun harus terus diberi pendampingan secara psikologis supaya tidak semakin terpuruk, mengalami trauma berkepanjangan, dan psikisnya dapat tetap dikendalikan. 


"Apalagi usia korban memang dibawah umur sehingga amat rentan mengalami gangguan psikis yang berkepanjangan," katanya. 


Di sisi lain, menurut Sabriati, aspek pembinaan keagamaan dan aspek ekonomi juga tak bisa dielakkan urgensinya dalam memutus mata rantai laku rudapaksa seperti ini. 


Kerentanan ekonomi keluarga, kata Sabriati, berpotensi memicu lemahnya kesadaran akan pentingnya pendidikan karena yang bersangkutan tidak memiliki kesempatan belajar disebabkan keterbatasan kemampuan secara ekonomi.


Di sisi lain, pembinaan keagamaan pada semua level anggota keluarga harus menjadi prioritas utama dalam menguatkan ketahanan keluarga. 


Disamping itu, jelas Sabriati, peran kohesif dan kolektif komunitas masyarakat juga tak kalah pentingnya dalam mencegah terjadinya kejadian serupa. 


AILA Care merupakan layanan pendampingan non-profit di bawah koordinasi AILA Indonesia. Pendampingan yang diberikan AILA Care merupakan Pertolongan Pertama Psikologis (P3) atau yang dikenal sebagai Psychological First Aid (PFA) dan diberikan kepada perorangan maupun pasangan keluarga dan anak yang mengalami permasalahan.


Seperti diwarta, kembali terjadi kasus dugaan pencabulan di wilayah Hukum Polrestabes Makassar yang menimpa PA (13 tahun). Orangtua dari anak tersebut awalnya tidak menyadari kalau anaknya, PA, sedang hamil 4 bulan. 


Kasus ini terbongkar pada 16 Maret 2021 ketika keluarga korban melihat perut PA semakin hari semakin membesar sehingga menimbulkan rasa penasaran. Keluarga lalu membeli alat tes kehamilan dan ternyata hasilnya sangat mengejutkan.


Dari kejadian itu orangtua melaporkan orang diduga pelaku, HM, ke Polresta Makassar pada tanggal 21 Maret 2021 terkait dugaan pencabulan seksual hingga hamil. Keluarga korban melapor didampingi tokoh masyarakat dan para simpatisan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aila Care Dampingi Korban Pencabulan Anak Dibawah Umur

Trending Now

Iklan