Iklan

Proyek SUKA NLR Indonesia Kuatkan Edukasi Publik soal Stigma Kusta

Admin
Selasa, Agustus 23, 2022 | 17:30 WIB Last Updated 2022-08-23T14:02:26Z


JAKARTA -
NLR Indonesia melalui proyek bernama Suara untuk Indonesia Bebas Kusta (SUKA) yang diinisasi sejak 2021 terus melantaskan gerakan edukasi publik secara kontinyu tentang kusta dan konsekuensinya. 


Communications Officer NLR Indonesia Paulan Aji mengatakan proyek ini menggandeng media, komunitas blogger, universitas, sektor swasta, organisasi profesi dan organisasi penyandang disabilitas.


"Peran media sangat penting dalam mendistribusikan informasi yang benar untuk mengikis stigma negatif tentang kista di masyarakat," kata Paulan Aji dalam kegiatan media gathering yang diselenggaraka NLR Indonesia, bersama radio KBR, dengan topik “Stigma dan Mental Wellbeing pada Kusta” secara daring pada Selasa (23/8/2022).


Lebih jauh Paulan mendorong kalangan media dan pers mahasiswa agar menampilkan foto, gambar, video, dan cerita yang inspiratif tanpa melanggengkan stigma kusta. 


"Cerita yang dilengkapi foto, gambar, video, dan pernyataan sebaiknya menampilkan perubahan yang positif dari orang yang pernah mengalami kusta, bukan malah berfokus pada sisi kelamnya,” tukas Paulan Aji. 


Senada dengan itu, Project Officer SUKA, Fanny Rachma, menyampaikan pentingnya keberadaan media sebagai penyalur informasi yang valid. 


Media, terang Fanny, diharapkan mampu menuangkan informasi kusta yang valid dan inklusif dengan kaidah jurnalistik. 


"Tanpa mengesampingkan risiko terjadinya stigma dan diskirimasi pada kusta yang berujung pada masalah kesejahteraan emosional, psikologis, hingga sosial," kata Fanny. 


Sementara Nadhila Beladina dari Yayasan Satu Jalan Bersama, sebuah kelompok mahasiswa peduli kusta, berbagi pengalaman yayasannya dalam berinteraksi dengan orang yang pernah mengalami kusta. 



Bagi Nadhila, berbagi pengetahun yang benar dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dari sebelumnya. 


Narasumber juga memberikan tips dalam menghasilkan produk media atau liputan tentang orang yang mengalami kusta seperti foto yang positif dan inklusif, cerita yang inspiratif dan penggunaan istilah yang benar seputar isu kusta. 


Misalnya, menggunakan istilah seperti orang yang pernah mengalami kusta, bukan ex penderita kusta atau mantan kusta atau pasien kusta bukan pengidap kusta, atau disabilitas bukan cacat. 


Workshop media gathering ini diikuti oleh lebih dari 50 media dan mahasiswa melalui zoom meeting dan siaran live youtube KBR dan NLR Indonesia. 


Diharapkan media semakin berpartisipasi aktif dalam menyebarluaskan informasi yang benar seputar kusta dan mampu menyuarakan atau memberitakan informasi yang benar, efektif , menarik dan inklusif.


"Sehingga masyarakat dari berbagai latar belakang pendidikan, sosial, dan budaya tidak hanya menjadi paham, tetapi juga termotivasi untuk terlibat aktif dalam penanganan kusta di Indonesia," imbuh Paulan Aji menandaskan.


Kegiatan Media Gathering ini merupakan rangkaian proyek SUKA yang diinisiasi NLR Indonesia sejak 2021 untuk mengedukasi publik secara kontinyu tentang kusta dan konsekuensinya. Proyek ini menggandeng media, komunitas blogger, universitas, sektor swasta, organisasi profesi dan organisasi penyandang disabilitas.


FIQIH ULYANA

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Proyek SUKA NLR Indonesia Kuatkan Edukasi Publik soal Stigma Kusta

Trending Now

Iklan