Piala Eropa 2012: Grup Neraka, Aksi Bintang dan Negara Jawara



Oleh Achmad Iskandarsyah*


KALTIMTODAY -- LUPAKAN sejenak euforia liga-liga di Eropa yang penuh dengan kejutan tahun ini. Kini, perhelatan akbar Liga Eropa (Euro) 2012 tinggal menghitung hari. Saatnya negara-negara di Eropa berbenah membangun armada baru demi satu tujuan untuk menjadi yang terbaik di dataran benua biru.

Perhelatan besar empat tahunan ini akan digelar di dua negara Eropa berbeda, yakni Polandia dan Ukraina yang tahun ini berkesempatan menjadi tuan rumah. Fase pengundian klub di setiap pot yang telah dilakukan oleh FIFA beberapa bulan yang lalu telah menggambarkan peta distribusi juara tahun ini yang begitu ketat. Pasalnya, di setiap grup telah diisi oleh beberapa negara unggulan.

Dan, tak lupa keberadaan Grup Neraka yang di setiap ajangnya selalu menimbulkan teka-teki merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu football lovers di seluruh dunia yang akan menyaksikan langsung di stasiun televisi kebangsaan masing-masing.

Namun bukan hanya Grup Neraka saja yang menjadi trend topic saat ini. Duel klasik dan persaingan sengit antar negara yang turut ambil bagian dalam kejuaraan ini tak luput dari perhatian semua pencinta sepakbola di seluruh dunia. Berikut negara-negara yang ikut ambil bagian di ajang EURO tahun 2012:



Dengan hasil undian ini, praktis beberapa negara ngetop yang selalu ambil bagian dalam kejuaraan ini seperti Jerman, Portugal dan Belanda harus saling sikut. Sebab negara-negara tersebut masuk dalam kotak yang sama dan pastinya akan mempertontonkan duel sengit untuk memperebutkan tiket ke babak selanjutnya.

Begitu halnya dengan apa yang terjadi di Grup C ada Italia versus Spanyol dan di Grup D bercokol Inggris yang akan berjibaku dengan Perancis. Mereka harus bertemu lebih awal di babak penyisihan ditemani dengan dua tim kuda hitam lainnya yang siap memberikan kejutan di ajang kejuaraan ini.

Akan tetapi terlepas dari semua itu gemerlap EURO tahun ini telah memberikan banyak kejutan sebelum laga. Yakni dengan absennya para bintang akibat cedera dan hukuman FIFA. Padahal bagi mereka ini adalah sebuah kesempatan pembuktian pemain-pemain muda di setiap negara untuk unjuk kebolehan di ajang ini.

Kota Warszawa, Polandia 8 Juni 2012, akan mengawali semua cerita panjang tadi. Kota yang pernah dikuasai oleh Jerman ini akan menyita perhatian seluruh pecinta sepakbola di seluruh dunia selain 3 kota lainnya di Polandia dan 4 kota lain di Ukraina yang turut ambil bagian dalam penyelenggaraan EURO tahun ini.

Walau banyak berita miring tentang dua negara ini termasuk isu korupsi, rasisme dan prostitusi ilegal, FIFA masih tetap memberikan kepercayaan secara penuh kepada presiden Polandia dan Ukraina untuk menyelenggarakan turnamen empat tahunan antar negara eropa tahun ini.

Meski demikian, pemerintah Polandia dan Ukraina harus terus mengevaluasi terkait kasus-kasus tersebut dengan sistem pengamanan militer yang ketat di setiap penjuru kota, guna menjamin kenyamanan penonton yang akan menyaksikan negara kesayangannya beraksi.

So, adakah kejutan baru di Polandia dan Ukraina kelak, kita lihat saja nanti. Yang pasti, 8 Juni 2012 akan menjadi momen istimewa bagi seluruh pecinta bola di seluruh dunia. Apalagi pemain-pemain bintang kelas atas macam Christiano Ronaldo, Arjen Robben, Wayne Rooney, Andreas Iniesta dll, akan hadir di layar kaca Anda untuk menunjukan siapa yang pantas menjadi campione di benua biru.

Update: Nantikan ulasan-ulasan tajam dan menukik lainnya dari Achmad Iskandar seputar helatan Euro 2012 di laman ini. {ktc}


*Penulis adalah seorang Blogger Indonesia dan analis muda seputar sepakbola.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel