Sekolah Calon Ibu Bangun Keluarga Hebat dan Kuatkan Bangsa

BANYAK yang menganggap sederhana peran ibu, padahal figur ibu tidaklah sesedehana yang dibayangkan.

Ibu bukan semata peran di rumah dan menjadikan kegiatannya sebagai rutinitas belaka. Lebih dari itu, ibu rumah tangga (IRT) adalah sosok spesial, figur dahsyat, dan merupakan profesi mulia.

Namun, meskipun ibu merupakan frasa dan pekerjaan yang luar biasa bahkan tak ada duanya di dunia, peran ibu masih banyak ditepikan bahkan termasuk wanita itu sendiri tak memahami posisinya tersebut.

Berangkat dari nilai-nilai sakral tersebut, sekelompok wanita di Yogyakarta mendirikan komunitas pencerahan seputar peran ibu bernama Sekolah Calon Ibu (SCI) .

Kendatipun masih berusia sangat muda, SCI memiliki seabreg aktifitas dan kegiatan yang sangat padat. Beragam acara formal dan informal kerap digelar khususnya mengkampanyekan pentingnya peran ibu.

Pada hari Ahad (05/03/2017) kumpulan para bunda dan wanita kreatif ini telah melakukan grandlaunching SCI Angkatan V di Masjid Kampus Universitas Gajdha Mada (UGM) Yogyakarta.

Acara launching tersebut dirangkai dengan acara "motivation talk" tersebut menghadirkan narasumber Ustazah Nunung Bintari (CO-founder SDIT Ar Raihan Bantul) dan Ustazah Nur Azizah (penggiat keluarga GiGa DIY).

Dalam lansirannya diterangkan, salah satu peran mendasar dari profesi ibu adalah merawat dan memastikan tumbuh kembang anak yang dilahirkan rahim.

Namun, dalam aspek tertentu, sugesti akan peran ibu yang mulia mesti juga dimiliki oleh para pendidik dan siapa saja yang terlibat dalam peran kepengasuhan anak.



Peran ibu adalah anugerah dari Allah Ta'ala. Pekerjaan seorang ibu tidak pernah menuntut imbalang material. Profesi luar biasa ini dijalani dengan penuh kerelaan dan keikhlasan tanpa menuntut diberi bonus.

Dalam pepatah Arab disebutkan, "Al-ummu madrosatul ula’, iza a’dadtaha a’dadta sya’ban thayyibal a’raq". Artinya, "Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik."

Sekolah Calon Ibu (SCI) berkomitmen untuk membangun kesadaran kolektif bahwa profesi ibu sungguh mulia. Namun, karena terbatasnya referensi dan pencerahan yang didapatkan, masih banyak keluarga yang tak memahami ini.

Bagi anda yang berminat dan ingin turut berkontribusi dalam SCI di kota Anda, atau ingin menjadi bagian dari SCI dalam rangka tumbuhnya kesadaran dan lahirnya generasi tangguh berahlak mulia, dapat berkonsultasi dan menghubungi Mbak Nila selaku Humas SCI Yogyakarta 085747984264. (HASNI RANIA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel