Iklan

Tips Menerapkan Pola Asuh Islam Secara Sederhana di Rumah

Admin
Sabtu, Maret 11, 2017 | 00:00 WIB Last Updated 2017-04-02T17:36:12Z
SIAPA yang tak ingin punya anak saleh dan taat? Semua orangtua muslim pasti menginginkannya, namun itu tidak mudah.

Lantas apa yang bisa dilakukan orangtua di era modern untuk menerapkan pola asuh gaya Islami di rumah?

Dilansir Okezone Muslim dari Islamhastag, Jumat (10/3/2017), mulailah dari hal-hal sederhana untuk menerapkan gaya pola asuh Islam di rumah. Barikut cara-cara yang bisa dilakukan orangtua.

Jelaskan hal baik dan buruk 
Tunjukkan kepada anak-anak nilai-nilai perbuatan baik dan efek yang mereka peroleh secara individu dan masyarakat. Begitu pula dengan perbuatan jahat. Lakukan sesuai kemampuan anak memahaminya.

Memberi contoh 
Orangtua harus menjadi contoh yang baik dalam perilaku mereka karena anak-anak suka meniru orangtua dari segi ucapan dan perbuatan. Salatlah tepat waktu dan perbanyak berdoa dan membaca Alquran.

Tunjukkan anak contoh 
Jelaskan pada anak hal-hal yang terjadi di lingkungan terkait masalah moral yang tidak sesuai ajaran Islam. Biarkan mereka belajar dari lingkungan sekitar. Expain mereka perilaku yang benar dengan cerita dengan moral dan menunjukkan kepada mereka contoh dari lingkungan.

Liburan edukatif 
Bawa anak-anak berlibur atau jalan-jalan untuk meningkatkan rasa spiritual mereka. Seperti mengajak ke masjid, perayaan hari besar Islam, dan berhubungan dengan saudara-saudara muslim. Dengan begitu anak bertambah wawasan tentang dunia Islam.

Pantau dengan siapa anak bermain 
Orangtua harus mengajarkan anak-anak memilih teman yang baik dan menghindari teman buruk. Karena, anak-anak selalu dipengaruhi oleh teman-teman mereka. Perilaku buruk dapat dengan mudah ditularkan melalui pertemanan yang buruk.

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan, "Manusia cenderung dipengaruhi oleh sikap temannya, jadi berhati-hati dalam memilih teman." (HR Abu Dawud & At-Tirmidzi). (vin/okz)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tips Menerapkan Pola Asuh Islam Secara Sederhana di Rumah

Trending Now

Iklan