Ayo Bersama LPAI Lakukan Gerakan Kampanye "Saya Sahabat Anak"

ANAK adalah mutiara penuh warna. Karena itu sepantasnya dijaga dan memastikan mereka dalam dekapan kasih sayang orangtua.

Mengingat pentingnya peran kepengasuhan orangtua dalam memastikan kebaikan masa depan anak, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPIA) meluncurkan gerakan kampanye Saya Sahabat Anak (SASANA).

FOTO: Wakil Gubernur Sandiaga Uno didampingi istri menunjukkan gelang "Saya Sahabat Anak" seusai pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2017). Presiden Joko Widodo melantik Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2017-2022. (Warta Kota/Alex Suban)


Direktur Eksekutif LPAI Indryarko Endhar Hertresnanto menjelaskan Saya Sahabat Anak adalah satu gerakan bersama yang mengajak serta seluruh komponen masyarakat -terutama orangtua- untuk mulai menjadi sahabat bagi anak-anak mereka dengan cara membuka ruang bagi anak untuk bicara (curhat).

"Sehingga keluarga menjadi tempat yang nyaman bagi tumbuh kembangnya dan anak tidak lagi mencari 'sahabat yang salah' di luar rumah," kata Indryarko.

Lebih lanjut, kata Indryarko, orangtua adalah garda terdepan dalam upaya membentengi anak-anak dari tindak kekerasan dan perlakuan salah yang umumnya dilakukan oleh lingkungan dan orang terdekat yang dikenal oleh anak.

"Anak yang tidak nyaman berada di tengah keluarganya (rumah) cenderung akan mencari 'sahabat' di luar rumah, baik pergaulan langsung ataupun via medsos, hingga akhirnya bisa jadi korban perlakuan salah pedofil yang dikenal baik oleh mereka," tandasnya.

Saya Sahabat Anak adalah gerakan sosial yang terbuka didukung oleh pihak-pihak yang memiliki kepedulian terhadap masalah perlindungan dan kepengasuhan anak.

Diantara programnya, SASANA menyebarkan kampanye positif ke masyarakat tentang pentingan peran-perang kepengasuhan orangtua.

Anda pun dapat berkontribusi mendukung gerakan tersebut diantaranya dengan membeli dan menyebarkannya souvenir "Saya Sahabat Anak" seperti gelang dan dan sebagainya guna membangun kesadaran publik.

BUNYANUN MARSUS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel