Iklan

Ahli Gizi: Konsumsi Buah di Masa Pandemi untuk Penuhi Kebutuhan Mikronutrien

Fiqih Ulyana
Senin, Agustus 16, 2021 | 17:12 WIB Last Updated 2021-08-16T13:33:00Z


JAKARTA - Ahli gizi dr. Florentina Mariane Rahardja, Sp.GK menyarankan mengkonsumsi buah lebih dari biasanya di masa pamdemi untuk tetap menjaga imunitas serta memenuhi kebutuhan zat gizi mikro atau mikronutrien. 


"Buah adalah salah satu sumber penting mikronutrien. Mikronutrien adalah vitamin dan mineral, memang sedikit kebutuhannya tapi perannya luar biasa di dalam tubuh kita," kata dokter spesialis gizi yang karib disapa dr. Flo ini dalam acara Media Gathering "Buah Bisa Tingkatkan Imunitas, Hoax atau Fakta" Sunpride #PilihanTerpercaya digelar secara hibryd, Senin (16/8/2021).


dr Flo lantas menjelaskan lebih jauh dengan menamsilkan tubuh manusia seperti kendaraan motor atau mobii. Kata dia, mobil bahan bakarnya bensin yang menjadi sumber energinya. 


Demikian pula dengan manusia, yang membutuhkan makan nasi atau karbodidrat. Namun, kata dia, tubuh kita tak saja butuh asupan karbohidrat melainkan juga memerlukan mikronutrien.


"Mikronutrien ini seperti olinya. Jadi walaupun ada bensin, kalau nggak ada olinya, tetap gak bisa jalan juga," imbuhnya. 


Sedemikian pentingnya kebutuhan mikronutrien dalam tubuh dimana hal ini harus terpenuhi setiap hari, dr Flo pun menyarankan untuk rutin mengkonsumsi buah sehingga bisa menjadi penyempurna makanan yang dikonsumsi sehari hari. 


Menurut dr Flo, kita bisa berfikir dan beraktifitas tentu kita butuh energi. Sementara dalam tubuh itu semua berlangsung secara enzimatik metabolismenya dan miliran sel dalam tubuh membutuhkan vitamin dan mineral yang harus cukup agar energi bisa berjalan dengan baik. 


"Demikian pula imunitas membutuhkan vitamin dan mineral. Kebutuhan pada buah tidak terlalu banyak tapi karena pandemi maka harus mencukupi. Konsumsi minimal 3 buah perhari atau lebih banyak dari biasanya, bisa selingan dalam porsi yang terbagi diantara makan pagi, siang dan malam," kata dr Flo. 


Saran dr Flo untuk mengkonsumsi buah karena sifat alamiahnya. Menurutnya, yang terpenting yang didapatkan dari buah adalah alami yang berbeda dengan sumber sintetik. Perbedaannya adalah struktur kimia yang terdapat dalam buah alami berbeda dengan yang sintetik. 


"Kalau diibaratkan, kita adalah mahluk alami yang mengenal segala sesuatunya dari alam," katanya seraya mencontohkan styrofoam yang bukan berasal dari alam namun buatan manusia yang tidak bisa didegradasi di alam. 


"Sementara daun pisang berasal dari alam yang bisa terdegradasi bahkan bisa jadi pupuk lagi," ungkapnya.


Media Gathering "Buah Bisa Tingkatkan Imunitas, Hoax atau Fakta" Sunpride #PilihanTerpercaya digelar secara online ini menghadirkan narasumber Presiden Direktur PT Sewu Segar Nusantara Cindyanto Kristian serta artis Citra Kirana dan dipandu oleh Atry Ovie sebagai host acara.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ahli Gizi: Konsumsi Buah di Masa Pandemi untuk Penuhi Kebutuhan Mikronutrien

Trending Now

Iklan