Hubungan

Parentnial TV

Recommended

Kehamilan

Powered by Blogger.

Makan Bersama Keluarga Sambil Bermain Ponsel? Letakkan Atau Sesali Dampak Buruknya

Friday, March 09, 2018

SAAT masih kecil dulu, orangtua kita seringkali mengingatkan kalau makan jangan bercanda. Tidak sambil bermain. Makan memang mestinya momen kebersamaan.

Alangkah hambarnya momen pertemuan dalam sebuah jamuan makan malam bersama keluarga, misalnya, apabila masing masing malah sibuk bermain ponsel. Nihil tegur sapa. Momen spesial itu pun bisa berlalu tanpa kesan.

[Foto ilustrasi: Pixabay]

Dan, ternyata, kebiasaan buruk ini dapat berdampak memburuknya hubungan khususnya dengan keluarga atau pasangan. Peliknya lagi, bermain ponsel ketika sedang berkumpul ini ternyata menular.

Penelitian diterbitkan dalam Journal of Experimental Social Psychology dan dikutip dari Science Direct menyebutkan bahwa kenikmatan makan bersama akan berkurang dengan penggunaan teknologi di atas meja makan.

Penelitian ilmiah ini menyebutkan, makan dengan berfokus pada dua hal dapat berdampak buruk bagi kehidupan kita. Dalam hal ini periset mengaitkannya pemakaian ponsel dengan kegiatan makan.

Penelitian itu menyebutkan bahwa penggunaan ponsel selama makan menyebabkan penurunan kenikmatan makan bersama, hal yang sederhana namun nyata.

“Teknologi di meja menyebabkan orang merasa lebih terganggu dan kurang bergaul secara sosial, serta menyebabkan penurunan kenikmatan,” jelas Elizabeth Dunn, seorang profesor psikologi dan penulis senior studi tersebut.

Para peneliti meminta 300 orang untuk pergi makan malam bersama teman atau keluarga, dengan maksud mempelajari bagaimana penggunaan ponsel mempengaruhi suasana makan bersama.

Untuk menyamarkan maksud penelitian tersebut, para periset mengatakan kepada setengah kelompok bahwa mereka akan menerima pertanyaan terkait studi oleh teks pada suatu saat selama makan, jadi mereka harus menjaga perangkat mereka di atas meja.

Setengah lainnya berpikir bahwa mereka akan menjawab pertanyaan di atas kertas selama makan, dan diminta untuk meletakkan ponsel mereka sebagai bagian dari daftar arah studi yang lebih panjang.

Kemudian, kedua kelompok tersebut diminta menjawab pertanyaan tentang kenikmatan makanan, penggunaan telepon dan pengalaman bersantap dengan keluarga secara keseluruhan.

Hasilnya ternyata signifikan, penggunaan telepon di meja menyebabkan orang merasa lebih terganggu dan kurang bergaul secara sosial, serta menyebabkan penurunan kenikmatan.

"Penggunaan telepon mungkin menular. Orang lebih cenderung menggunakan ponsel mereka ketika orang lain di sekitar mereka juga menggunakan ponsel, jadi semacam efek domino yang negatif,"jelas Dunn.

Dunn juga menambahkan bahwa kita sebenarnya bisa menghindari efek negatif tersebut. "Dengan meletakkan ponsel Anda sendiri, Anda mungkin akan menciptakan efek domino yang positif juga."*

FIQIH ULYANA

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »