Begini Istimewanya Anak Perempuan Penting Ayah Bunda Ketahui

SETIAP pasangan yang telah berkeluarga pasti ingin segera punya momongan. Ada yang mengatakan menunda. Tetapi umumnya wanita pengantin baru pasti ingin segera mengandung jabang bayi anugerah terindah tersebut.

Semua anak tentu istimewa bagi orangtua. Dan dianugerahi anak laki-laki atau perempuan sejatinya sama saja. Mesti sama-sama disyukuri dan diberikan pengasuhan dan perlakuan terbaik.

Ilustrasi anak perempuan bermain (source: Pixabay)
Namun, dalam beberapa hal, ternyata anak laki-laki dan perempuan memiliki keunikannya masing-masing. Sehingga denganya, diperlukan perlakukan yang juga selaras kebutuhannya tanpa menegasi anak satu dengan lainnya.

Dalam hal komunikasi misalnya. Ayah Bunda perlu memahami betul bahwa ternyata dari suara saja anak lelaki dan anak perempuan memiliki karakteristik komunikasi yang juga berbeda.

Dalam sebuah studi ilmiah sekian tahun lalu yang dikutip dari buku John Burns berjudul "What Dads Need to Know About Daughters/What Moms Need to Know About Sons", halaman XXVII terbitan 2007, mengulas sebuah temuan menarik.

Penelitian itu menyebutkan bahwa pada usia 4 tahun, hampir 100% dari suara-suara yang keluar dari bibir seorang anak perempuan kecil adalah kata-kata komunikasi.

Sementara, masih dalam studi itu, sekitar 60% dari suara-suara yang keluar dari seorang anak laki-laki kecil hanyalah suara belaka. Suara derit ban, tembakan senapan, bunyi pesawat terbang, dan sebagainya.

Penelitian itu meneruskan pesan bahwa Ayah Bunda perlu manyadari bahwa jika anak perempuan kita bersuara maka dia sedang ingin komunikasi. Tetapi jika anak laki bersuara artinya besar kemungkinan dia hanya ingin bersuara saja, bermain, dan merasa asik dengan dirinya.

Luar biasa memang anak-anak kita. Demikianlah perbedaan dari anak perempuan dan laki-laki. Sedari kecil saja mereka sudah berbeda. Karena itu, karakteristik inipun membutuhkan perlakukan yang spesial.

Dari studi ini kita para Ayah Bunda bisa lebih menyelami dunia anak perempuan dan anak laki-laki kita untuk mengantarnya kelak menjadi orang dewasa yang menyenangkan dan menggembirakan hati.

Anak adalah anugerah dari Tuhan yang harus kita jaga. Jadikan mereka sebagai bagian yang penting dalam hidup kita. Mengabaikannya, apalagi di golden moment mereka antara usia 0 hingga 10 tahun, adalah kecelakaan yang mestinya tidak perlu terjadi.

Sebagai orangtua kita dituntut untuk semakin sadar akan pentingnya gerakan kepengasuhan anak yang lebih lekat dan kolektif di tengah perkembangan teknologi informasi yang kian menggejala saat ini. Selamat menikmati kebersamaan dengan anak-anak.

FIQIH ULYANA 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel